Mengamati karya seni



         


       MENGAMATI KARYA SENI

Mengamati karya seni adalah hal yang menjadi kebutuhan para seniman untuk menumbuhkan ketajaman  intelektual  dalam hal mengikuti perkembangan selera zaman terhadap seni.  Kebutuhan berbeda dengan perlu. Perlu jika masih bisa ditinggalkan, kebutuhan itu tidak bisa ditinggalkan.
Keuntungan dari mengamati karya seni antara lain  mengukur seberapa bersaing karya seniman seniman dilihat dari karya yang disajikan juga ditinjau dari uraian pembuka  dari seniman yang sedang mengadakan pameran. Sudut pandang para seniman sekitar juga menambah wawasan kita.
Adanya pengetahuan baru mengenai teknik dan media pengerjaan karya biasanya juga mengekor setelah adanya kegiatan mengamati karya seni.
Pertemanan dan jangkauan perkenalan antar seniman lintas kota biasanya juga sering terjadi di pameran pameran dalam membahas suatu isu maupun hanya sekedar mengamati.
Mengamati karya seni bisa dilakukan melalui salah satunya mengikuti atau menonton pameran seni lukis, pameran gambar, pameran patung atau pameran karya seni lain, selain itu juga bisa hanya sekedar membaca buku mengenai seni yang terbit  mingguan atau bulanan. Bisa juga  hanya sekedar melihat lihat catalog karya.
Akan selalu ada topik topik menarik dan hangat diperbincangkan bersama orang yang punya banyak  wawasan. Wawasan tidak harus didapat dari pengalaman dan membaca namun juga bisa dari perbincangan. Mata adalah senjata dalam meraih ilmu, bunuh kebodohanmu untuk menyelamatkan martabatmu. 

galsem dokumentsi sapriandy 1
galsem dokumentsi sapriandy 2
sapriandy 2e
 dokumentsi sapriandy 3

dokumentasi sapriandy 4


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cetak Tunggal seni grafis (monoprint)

Teknik pilin pada pembuatan keramik