Berkarya menggunakan Cat Air

Cat air merupakan medium yang populer dalam berkarya seni rupa. Umumnya, cat air dilakukan pada media berbahan kertas karena daya resapnya mampu menjadikan cat air lebih efektif. Selain mudah ditemui dan harga terjangkau, cat air juga merupakan medium pewarnaan yang sangat mudah untuk dilakukan oleh pemula. Sedangkan pengencernya hanya menggunakan air, maka ini merupakan keunggulan dari segi ketersediaan pada cat air dibandingkan cat minyak yang sering juga kita jumpai oleh pembuatan karya dua dimensi. Berkenaan dengan itu, cat air menjadi mudah untuk dibersihkan ketika terkena pada tangan anda.

Kebersihan dan ketelitian merupakan prinsip yang harus dimiliki oleh profesional artist dalam pengerjaan karya cat air. hal ini agar karya tidak terkesan kusam dan lebih bercahaya ketika warna putih dari kertas bisa menjadikan bagian yang sengaja disisihkan ketika mengkuas dan membaluri cat. Mengandalkan sifat air yaitu transparan, maka cat air lebih efektif untuk mendapatkan kesan khas yang diperoleh dari penggunaannya. Walaupun begitu, Cat air pun bisa untuk teknik plakat/menutup secara pekat walaupun bukan itu fungsi sesungguhnya.

Sebenarnya, terdapat banyak kertas yang memang di khususkan untuk media melukis cat air, salah satunya yang paling digemari adalah merk CANSON yang juga sering disebut kertas Canson. Namun jenis ini secara umumnya termasuk jenis kertas cold press. Walaupun mungkin ada juga kertas yang didesain dengan jenis hot press.  Jenis kertas cold press umumnya lebih kasar permukaannya dibanding hot press.

Alat yang digunakan dalam proses berkarya menggunakan cat air,
1. Kertas/ bidang datar yang memiliki sifat meresap air.
2.Kuas. kuas khusus cat air akan lebih halus daripada kuas cat minyak. Kuas yang berkualitas    menentukan kualitas hasil dan kenyamanan dalam berproses.
3.Palet. Palet merupakan wadah tempat mengkombinasi antara cat dengan pengencer. Selain tempat untuk meletakkan cat dari tube cat, juga bisa untuk menuangkan pengencer.
4.tempat air dan tisu. Tempat air untuk stok ketersediaan pengencer berupa air sekaligus untuk mencuci kuas setelah dipakai menggunakan warna yang berbeda. Tisu untuk mengelap dan membantu menentukan daya resap air pada kuas. kebersihan dalam proses berkarya lukis cat air, dari sini akan mudah terbantu.
5.Cat air. Cat air yang sering dijumpai umumnya berupa satu set 12 warna, 24 warna hingga 36 warna sesuai kebutuhan. Merk standar yang dijumpai di pasaran adalah merk Pentel, Guitar, Meries, De Goya. Sedangkan kelas menengah ke atas, umumnya menggunakan merk Artist, Amsterdam, Van Gogh,dll.
6. Niat. Berbahagia menuju proses berkarya dalam menumbuhkan motivasi. Menunggu mood akan menjadi ketergantungan dan penundaan dalam berproses. Selamat berkarya^^.

alat dan bahan cat air oleh Sapri Andy
Medium Cat air beserta kelengkapannya dalam proses berkarya cat air


proses background alternatif menggunakan cat air pada kertas

contoh hasil karya menggunakan medium cat air pada kertas oleh Sapri Andy 2017
contoh hasil karya menggunakan medium cat air pada kertas oleh Sapri Andy



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengamati karya seni

Cetak Tunggal seni grafis (monoprint)

Teknik pilin pada pembuatan keramik