Cetak Tunggal seni grafis (monoprint)



Cetak Tunggal seni grafis  (monoprint)
          Pada kegiatan berkarya seni rupa dwimatra (dua dimensi) selain melukis maupun menggambar ada jenis lain yaitu berkarya seni grafis (graphic art). Kelebihan dan keunggulan yang membedakan karya seni rupa dwimatra ini dengan karya dwimatra lain adalah bahwa karya seni grafis ini memungkinkan untuk direproduksi atau digandakan. Pada hakekatnya, seni grafis juga sering atau biasa disebut seni cetak dan dibuat dengan teknik cetak. Meskipun demikian, karya seni grafis kurang diminati, kurang popular, dan jarang dikenali. Seni Grafis memberikan pengalaman kreasi yang memacu daya kreatifitas tinggi, dan menarik karena cara-cara berkarya seni grafis berbeda dengan menggambar atau melukis biasa.
         Melalui teknik mencetak seni grafis dapat digolongkan menjadi 4, yaitu cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar, dan cetak tembus.Walaupun pada dasarnya karya seni grafis dapat digandakan namun,  diantara jenis seni grafis terdapat yang tidak bisa di gandakan kembali. Dengan kata lain hanya sekali cetak. Karya seni grafis yang demikian  disebut dengan Monoprint. Istilah ini mengacu pada jenis cetak datar pada jabaran alinea pertama di atas.
         Cetak datar memiliki keunggulan tersendiri dari kelemahannya yang berupa teknik cetak tunggal yaitu dari segi orisinalitasnya. ada khas tersendiri yang bisa dimainkan oleh seniman dalam mengeksplorasi teknik ini. melalui prosesnya, maupun hasilnya yang antara bisa dan tidak terprediksi hasil jadi nantinya.
         Salah satu prosedur pembuatannya yang bisa saya jelaskan sebagai contoh, semisal dengan melumuri cat pada permukaan kaca lalu digambar dengan goresan-goresan menggunakan lidi maupun benda runcing agak tumpul sejenisnya. Kaca yang telah dilumuri cat dan sudah digores berbentuk motif maupun gambar tertentu lalu diterakan pada kertas yang sebelumnya telah disediakan. Dalam proses mentransfer cat di kaca pada kertas, usahakan seluruh permukaan kaca ditekan, sehingga ketika dibuka atau dilepas kaca pada kertas, gambar yang dihasilkan lebih maksimal tercetak. Pengulangan berkarya menggunakan satu master bisa dilakukan namun hasilnya tidak akan sama persis karena cat sudah banyak berkurang ketika cetakan di kertas pertama.

       


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengamati karya seni

Teknik pilin pada pembuatan keramik